Senin, 22 Oktober 2012

As Saja'ah fit Thoriqud Da'wah (Keberanian Di Jalan Da'wah)



Ikhwatifillah, Kita adalah tentara da'wah (Junudud Da'wah) untulk menegakkan kalimatnya dengan segala keberanian yang kita miliki. Sebuah analogi terkait keberanian tentara Alloh adalah bahwasanya orang-orang di luar kita (kafir) begitu bersemangat untuk melaksanakan da'wah versi mereka. Sebuah Hal yang seharusnya menjadi cambuk bagi kita untuk senantiasa melakukan kebaikan dan kebaikan dengan segala keberanian yang kita punya.

Semangat merupakan salah satu elemen yang penting dalam berda’wah. Sebuah semangat seorang da’i dalam berda’wah berbanding lurus dengan kedewasaan sang da'i. Kedewasaan seorang da’i juga berbanding lurus dengan cobaan yang.diberikan Allah kepada sang da’i dalam berda’wah

 Oleh karena itu dalam da'wah mutlak diperlukan sebuah keberanian. Keberanian untuk berkorban, Baik berkorban harta bahkan jiwa. Jika kita ibaratkan semangat adalah akar dari sebuah pohon maka keberanian adalah batang yang menegakkan semangat tersebut. Keberanian harus selalu beriringan dengan sifat ketegasan. Kita bisa mengambil cotoh keberanian para sahabat seperti umar bin khottob, abu dzar, dll dalam melawan orang-orang kafir.. Dan itu ada di dalam surat Ali Imron  ayat 105

“Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. mereka Itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat” (Ali Imron:105)

Keberanian yang seorang junudud da'wah dalam berda'wah pasti terdapat resiko. Namun Allah bukan hanya menciptakan pintu, tetapi juga menciptakan kunci untuk membuka pintu tersebut. Kunci iitu adalah pengorbanan. Dalam berda’wah mutlak memerlukan pengorbanan. Jika kita teliti maka akar dari pengobanan adalah keberanian yaitu keberanian untuk memberikan apa yang kita punya dan melakukan apa yang kita bisa. Oleh karena itu As-Saja'ah (Keberanian) merupakan tuntutan da'wah.

Pilar-Pilar Keberaniaan
1.       Al Iman Bil Ghoib (Iman kepada yang ghoib)
2.       Menaklukan rasa takut
3.       Mewariskan hal yang baik kepada Anak2nya

Implementasi Keberaniaan
1.       Quwatul Ikhtimam (Daya tahan yg besar)
2.       Asshorofah fil Haq (berterus terang dalam kebenaran)
3.       Kemampuan menjaga rahasia
4.       Objektif pada dirinya sendiri
5.       Menahan nafsu ketika marah
6.       Peka terhadap saudara kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar