Selasa, 23 Oktober 2012

7 Langkah Sukses Merubah Diri

1.      Set Your Vision

Seorang penyanyi Indonesia papan atas Anggun C Sasmi dalam sebuah kesempatan ketika ia sedang berada di luar negeri untuk show di Tanya oleh beberapa wartawan dengan pertanyaan yang sama yaitu “mengapa anda sukses”. Anggunpun menjaab “ saya sukses karena saya senang sekali bermimpi namun ketika sedang bermimpi saya langsung terbangun untuk segera menyelesaikan mimpi-mimpi yang ada.   Ada beberepa hal yang harus kita pellajari dari peristiwa tadi yaitu

a.       Bermimpilah sebelum mimpi itu dilarang
                  Orang-orang besar ternyata banyak berasal dari seorang pemimpi karena orang-orang yang cerdas adalah orang yang berni berfikir sesuatu mendahuli masanya meski kadang-kadang orang belum bisa memahaminya artinya di berfikir disaat yang lain belum sempat memikirkannya

b.      Mimpi itu penting
                  Mimpi itu ibaratka dynamo yang menggerakkan arus positif dan negative yang mengontrol tubuh kita. Mimpi itu ibarat bahan bakar yang memacu kendaraan untuk bergerak. Mimpi itu ibarat pintu, pintu kesuksesan, pintu kebahagiaan dan pintu kesempurnaan. Mimpi itu ibarat obat, obat penghilang kelemahan, obat penghilang kemalasan, obat penghilang kesedihan, dan obat penghilang kehinaan. Mimpi itu sepru dari kesuksesan karena sukse adalah sesuatu yang di peroleh dengan pengorbanan dan usaha yang keras begitu juga mimpi diperlukan kemauan yang kokah dan mental baju untuk terus semangat mencapainya.

c.       Jangan hanya menjadi Pemain di dalam mimpi
                  Tanpa sebuah kerja nyata, mimpi ibarat orang yang jalan di tempat yanga tiodak akan kemana-mana pergerakannya. Selain itu tanpa kerja nyata mimpi ibarat sebuah tulisan di dalam kertas yang lama kelamaan rusaqk dan menjadi sampah. Intinya lakukan sesuatu untuk melaksanakan mimpi-mimpi itu.

2.      Lakukan 3 M

a.       Mulai dari diri sendiri
                  Ada sebuah kata-kata mutiara yang harus kita ingat. Jika kita ingin membuat ruangan ini terasa gelap jangan pernah mematikan lampu cukup kita pejamkan, jangan pernah menyuruh orang lain terseyum ketika bertemu kita cukup kita yang tersenyum maka mereka juga akan tersenyum. Artinya sebuah kesuksesan untuk merubah diri hanya akan berhasil jika itu dimulai dari keinginan diri untu berubah bukan karena orang lain.

b.      Mulai dari yang kecil
                 Terkadang untuk melakukan sesuatu yang besar memang terasa sulit sehingga membuat kita malas untu kelakukannya. Oleh karena itu bagilah sustu hal yang besar tadi kedalam sesuatu-sesuatu yang kecil dimana sesuatu yang kecil itu dapat kita laksanakan. Kerjakan sesuatu yang kecil tadi maka menjadi sebuah keniscayaan bahwa kkita akan secara tidak sadar mengerjakan sesuatu yang besar. Kita mabil contoh ketika kita ditargetkan untuk membuat artikel yang terdiri dari berpuluh-puluh paragraph maka ketika itu terasa suli bagi menjadi beberapa kumpulan-kumpulan paragraph, jika terasa sulit juga bagi lagi sampai benar-benar kita bisa melaksanakannya.

c.       Mulai dari sekarang
                 Jangan pernah menyianyiakan momentum karena momentum tidak akan datang dua kali. Momentum hanya akan datang pada waktu-waktu tertentu. Sehingga sudah seharusnya bagi kita ketika momentum itu datang kepada kita maka kita harsu segera meyambutnya.

3.      Jangan Pernah Takut Gagal

Orang-orang yang sukses adalah orang orang yang mempersiapkan kegagalan karena kesuksesan dan kegagalan adalah dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Ibaratkan sebuah anak tangga maka jika anak-anak tangga yang kaian lalui adalah kegagalan maka yakinlah bahwa anak tangga terakhir adalah sebuah kesuksesan.

Jangan pernah takut gagal karena hakikat gagal adalah tidak pernah bangkit dari kegagalan itu sendiri. Orang-orang sukses adalah orang yang bisa bangkit dari kegagalan dan mengambil hikamah atas kegagalan tadi.

Thomas Alfa Edison adalah orang yang akrab dengan kegagalan. Dia melalukan percobaan sebanyak 9999 kali dan baru berhasil ketika eksperiman yang ke 10000. Apa jadinya jika pada 9998 di tidak bersemangat untuk melakukan ekseprimennya. Michael Jordan dahulu kala adalah seorang pemain bisbol yang gagal. Jika saja dia berhenti untuk berolahraga maka dunia basket tidak pernah melesat sejauh ini. Nabi Muhammad Saw ketika di gua hiro oleh malaikat jibril disuruh untuk mengucapkan “Iqro’” kemudisn dis gagal. Namun karena perjuangan beliau dan kemuadahan yang diberikan oleh Allah akhirnya beliau bisa membacanya. Apa jadinya ketika pada ucapan yang pertama rosul telah patah semangat untuk mengucapkannya.

Dalam menyikapi sebuah kegagalan atau banyak kegagalan maka kita harus mempersiapkan 2 hal yaitu ketabahan dalam menerima hasil yang didapatkan dan kesabaran untuk menempuh perjalanan panjang yang tak kenal lelah untuk membuat hidup lebih berarti.

4.      Sinergikan Potensimu

Manusia mempunyai 2 potensi yaitu
a.       Body ( Tubuh )
      Allah menciptakan tubuh ini begitu sempurna sehingga banyak potensi yang terdapat pada komponen-komponennya. Tinggal bagaimana kita mensinergiskan komponen-komponen itu.

b.      Spriritual
      Bilal Bin Rabbah pernah merasakan potensi ini karena potensi ini adalah potensi yang teramat penting. Bilal bisa bertahan dari siksaan kafir Quraisy karena di yakin terhadap tuhannya dan yakin tentang keindahan syurag yang di bawahnya mengalir sungai susu yang ketika anda meminta apapun pasti akan diberikan.

5.      Ingat Kembali Kesuksesan Anda

Sering sekali kita melupakan masa-masa dahulu, masa-masa dimana kita pernah sukses masa-masa yang begitu bahagia. Namun sering kali kita melupakan ini yang kita ingat hanyalah kekurangan diri dan kegagalan-kegagalan yang terjadi yang menyebabkan kita rendah diri. Dengan mengingat kesuksesan maka motivasi kita untuk sukses niscaya akan kembali karena dahulu kita pernah melakukannyadan berhasil mengapa sekarang tidak.

6.      Substitusi Peluang Menjadi Tantangan

Untuk melaksanakan suatu kegiatan hanya ada 2 kata mau atau tidak mau bukan bisa atau tidak bisa. Karena jikalau kita mau kita pasti akan sekuat tenaga melalwan apa yang mengahalangi kita dan memaksimalkan apa yang kita punya. Kita ambil contoh seorang pemulung yang ingin makan. Pertanyaan yang harus dijawab oleh pemulung tersebut bukan bisa atau tidak ia makan tetapi mau atau tidak dia makan.

Kita juga harus belajar dari Dr. Helen Keller, beliau adalah seorang doctor referenssi dunia. Kalau kita telusuri cerita beliau beliau adalah seorang dokter yang buta dan tuli. Tidak hanya beliau seorang Winston Churchil adalah seorang orator ulung pada zamannya namun kalau kita belajar dari beliau ternyata beliau tidak dapat mengucap R. Beliau mengakali setiap perkataan yang didalamnya terdapat huruf R dengan kata-kata yang sepadan maknanya dengan kata yang didalamnya terdapat huruf R. Kita juga bisa belajar dari Bilal Bin Rabbah yang secara fisik begitu banyak kekurangannya tapi rosul berkata bahwa ternyata ketika bilal masih ada di dunia terompah sandalnya terlah ada di surge

Kita memanglah bukan malaikat yang begitu sempurna dan tidak ada kekurangannya. Namun yakinlah setiap kekurangan yang ada dalam diri kita maka Allah akan memberikan kelebihan dalam diri kita sesuai dengan jumlah kekurangan yang kita miliki.

7.      Iringi Dengan Keimanan

Kita hidup di dunia adalah berkat kasih sayang Allah kepada kita karena Allah percaya bahwa kita pasti bisa mengurus bumi ini. Sungguh ironi jika semua kesuksesan yang kita dapatkan tidak dibalut oelh sebuah keimanan yang sempurna dan kokoh. Yang tercermin dalam diri seorang manusia berupa rasa syukur kita atas pemberian yang Allah berikan kepada kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar