Selasa, 15 Januari 2013

Mengelola Konflik


Ketika Organisasi ini akan menentukan nasib orang-orang yang ada disekitar kita maka keberadaan rapat menjadi penting. Namun Rapat bukan hanya bicara tentang hasil tetapi Rapat juga merupakan Ruang Psikologis. Karena disini kita akan berbicara tentang kebebasan penuh setiap peserta rapat untuk menyampaiakan pikirannya secara wajar dan apa adanya. Dan tentu saja Setiap Manusia punya cara ekspresi yang berbeda-beda. Ruang Psikologis inilah yang membuat adanya “Gesekan Pemikiran” antar setiap pahlawan”


“Organisasi kita pasti memiliki cita-cita yang besar. Karena cita-cita itulah yang akhirnya menggerakkan hati kita. Kerja-Kerja kita juga merupakan kerja-kerja besar didalamnya karena disinilah nasib bangsa ditentukan. Karena Kerja-Kerja besar itulah kita membutuhkan banyak Pahlawan. Dan ketika organisasi ini menghadirkan Ruang Pergerakan yang menghadirkan orang-orang besar maka pastilah akan terjadi “GESEKAN POTENSI” antar setiap pahlawan yang ada”


“ Ketika hasil Rapat dan Kerja-Kerja kita bersentuhan dengan nasib orang-orang disekitar kita, maka tentulah akan nemimbulkan ekspresi penerimaan yang berbeda pada hati setiap objek kerja kita. Ruang Penerimaan inilah yang mengakibatkan hadirnya “Gesekan Ekspresi” terhadap orang-orang yang tersentuh oleh keputusan organisasi kita”


“Gesekan Pemikiran”, “Gesakan Potensi” dan “Gesekan Ekspresi” itulah yang menghadirkan percikan-percikan api yang kita kenal dengan nama Konflik. Dan itu semua adalah KENISCAYAAN.

Oleh Karena itu kepada kalian yang MEMBERIKAN nasehat


  • Marilah Bertanya pada diri kita, sudahkah pendapat kita terbentuk dari sesuatu yang dibanung dari “Tradisi Ilmiah” atau “Lintasan Pemikiran” ???
  • Marilah bertanya kepada diri kita, apakah pendapat kita merupakan “Kebenaran Objektif” atau “Obsesi Jiwa” ???
  • Seandainya pun pendapat kita benar, Bukankan Mempertahankan Keutuhan dan Keutuhan Organisasi lebih penting ???
  • Sadarilah bahwa sesungguhnya dalam setiap ketidaksetujuan itu kita akan mendapatkan “Pengalaman Keikhlasan” yang baru ???
  • Tidak semua batu bata diletakkan pada posisi yang tinggi, dan tidak juga harus semuanya ada di bawah. Bahkan terkadang si tukang batu akan memotong batu bata tertentu untuk menutup posisi batu bata yang masih kosong guna melengkapi bangunannya
Dan kepada kalian yang DIBERIKAN nasehat

  • Bersikaplah dewasa terhadap setiap kritik
  • Jadilah pendengar yang baik
  • Bersikaplah Objektif terhadap setiap masukan
  • Teruslah berpikir positif
  • Perdalam pemahaman anda terhadap peta organisasi anda






Tidak ada komentar:

Posting Komentar